visitaaponce.com

Harga Kebutuhan Pokok di Tasikmalaya Terus Naik

Harga Kebutuhan Pokok di Tasikmalaya Terus Naik
Aktivitas perdagangan di Pasar Pancasila, Tasikmalaya(MI/KRISTIADI)

JELANG Ramadan, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional di Kota Tasikmalaya terus merangkak naik. Yang paling mencolok ialah harga telur ayam yang menembus harga Rp30 ribu per kilogram.

Kebutuhan lain yang juga naik harga ialah beras, cabai merah, ikan segar dan sayuran.

Lisnawati, 43, pedagang telur mengatakan, harga telur ayam sudah mengalami kenaikan sejak beberapa pekan terakhir karena pasokan dari Jawa Timur mengalami keterlambatan. Saat ini, dia menjual dengan harga Rp30 ribu per kg.

Baca juga : Gelar Aksi di Gedung Sate, Federasi Mahasiswa Jabar Tolak Kenaikan Harga Sembako, TDL dan Tol

"Pada kondisi normal, harga telur ayam Rp23 ribu per kilogram. Dengan harga Rp30 ribu saat ini, pembeli mengurangi pembelian, rata-rata hanya setengah kilogram," ujarnya, Selasa (27/2).

Sementara itu, pedagang beras di pasar Induk Cikurubuk, Dindin, 52, mengatakan, harga beras premium masih tinggi. Saat ini beras premium dijual dengan harga Rp16.500 hingga Rp17 ribu per kg.

Menurut pemasok, harga beras tinggi karena harga gabah juga naik. Stok di petani kosong, dan panen baru akan terjadi Maret.

Baca juga : Harga Cabai dan Telur di Cirebon Terus Naik

Sementara itu, Yusuf, pedagang sembako menyatakan jelang Ramadan harga banyak komoditas naik. Di antaranya bawang merah, cabai merah, gula aren, terigu, beras dan sayuran.

"Untuk komoditas sayuran, seperti terong, buncis, wortel, mentimun, pare, sawi, bayam dan bunga kol rata-ratanya mengalami kenaikan sebesar Rp500-Rp1.000 per kg," pungkasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat