visitaaponce.com

Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Hasilkan Lulusan SMK Berstandar Internasional

Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Hasilkan Lulusan SMK Berstandar Internasional
Proses belajar mengajar di SMK Telkom 1 Medan(DOK/SMK TELKOM 1 MEDAN)

TIDAK puas hanya dengan melahirkan lulusan siap terjun ke lapangan, sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Bandung, juga memastikan setiap siswa memiliki kemampuan berstandar internasional.

Salah satunya dibuktikan lulusan SMK Telkom 1 Medan. Mereka memiliki bekal Cisco Certified Network Associate (CCNA) dari Cisco Networking Academy Amerika.

Lulusan dari sekolah ini juga akan memiliki sertifikat berstandar internasional lainnya dari Mikrotik Academy dengan keahlian teknisi instalasi fiber optik.

Baca juga : SMK Telkom Bandung Lahirkan Siswa Berkarakter PRIMA

"Oleh karena itu materi pembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja nasional dan internasional. Terutama setelah dilakukan kajian standar kompetensi dengan mengacu pada kebutuhan pasar," ujar Kepala Sekolah SMK Telkom 1 Medan, Andrianto, Sabtu (6/4).
 
Keahlian siswa dipastikan akan sesuai dengan kebutuhan pasar lataran setiap tahun ajaran kurikulum akan selalu diselaraskan dengan industri. Tak hanya itu guru sebagai pemberi materi juga akan magang ke industri, sehingga benar-benar mengenali kebutuhan pasar industri.

"Selain guru yang magang ke industri, sekolah memiliki program mengundang praktisi industri untuk mengajar. Pengenalan secara langsung dari praktisi sangat berguna, sehingga siswa tahu kondisi industri langsung dari pelaku di lapangan," sambungnya.

Untuk lebih meyakinkan kemampuan siswa SMK Telkom 1 Medan sudah sesuai standar internasional. Sekolah memiliki program siswa magang ke luar negeri. Tujuannya agar lulusan nantinya tidak hanya siap bekerja di pasar nasional, tapi sudah berstandar internasional.

Baca juga : Pijar Camp Buka Peluang Lulusan SMA/SMK Bekerja di Luar Negeri di Bidang Teknologi dan Digital

Setiap jurusan di sekolah yang beralamat di Jl Jamin Ginting Km. 11 No. 9C, Simpang Selayang, Kota Medan, Sumatra Utara, ini menjalin kerja sama dengan industri.

Untuk Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (TJAT) menjalin kerja sama dengan perusahaan Icon+, sedangkan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan PT Tera Data (Axio), lalu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bersama  Metromatika Teknologi Rekayasa, dan Desain Komunikasi Visual berpartner dengan SAE Academy.

Siswa akan semakin mudah memperdalam keahlian yang telah diperoleh dari proses belajar mengajar, karena laboratorium yang disediakan SMK Telkom 1 Medan sesuai standar industri yang berkembang.

Saat ini terdapat lab web design, lab Cisco, lab perakitan PC, studio multimedia, lab LAN, lab sistem operasi jaringan, lab fiber optic,  lab simulasi robotik dan smart millenial class (SMC).

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat