visitaaponce.com

Universitas Jenderal Achmad Yani Kukuhkan 1.624 Wisudawan

Universitas Jenderal Achmad Yani Kukuhkan 1.624 Wisudawan
Wisuda Periode I tahun 2024 Universitas Jenderal Ahmad Yani(DOK/UNJANI)

UNIVERSITAS Jenderal Achmad Yani atau Unjani terus berbenah menuju universitas unggul. Mereka berupaya melahirkan lulusan-lulusan berkompeten dan berdaya saing, serta meningkatkan sarana prasarana yang menunjang dan lengkap.

Hal itu diungkap Ketua Yayasan Kartika Eka Paksi, Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman saat Sidang Senat Terbuka Wisuda Periode I tahun 2024 Unjani di Hotel Harris Festival Citylink, Bandung, Kamis (2/5).

Menurutnya, program pembangunan Unjani dilakukan menyeluruh. Tidak  hanya kampusnya, tapi juga sarana pendukungnya, seperti laboratorium, Rumah Sakit Gigi, interior, termasuk peningkatan kualitas dosennya.

Baca juga : Raih Cumlaude di Kampus UMJ, Doktor Suryan Widati: Pemimpin Mesti Berkomitmen Berkelanjutan.

"Capaian pembangunan itu sudah mencapai 78% dari target. Sisanya di 2025 pertengahan insya Allah selesai. Hanya tiga bangunan yang belum selesai, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Teknik Metalurgi. Lain-lainnya berproses di atas 90% yang akan dituntaskan tahun ini," katanya.

Unjani, lanjut Tatang, memiliki 25 ribuan total mahasiswa, dengan jumlah dosen sesuai rasio, yakni eksak 1:10, doktor 1:5, dan ilmu sosial 1:30.

Hari ini saja, kata dia, Unjani meluluskan sebanyak 1.600-an wisudawan. Dia berharap para lulusan ini menjadi manusia berguna serta dapat mengabdi atau bekerja di pemerintahan maupun swasta.

Baca juga : Gandeng Prof Mahfud MD, Fakultas Hukum UP Gelar Pekan Kuliah Umum

"Paling utama itu, lulusan tak sekedar pintar melainkan harus mempunyai kejujuran agar bisa dipercaya. Sebab, pintar tak jujur itu tak akan dipakai di dunia kerja, termasuk pintar namun enggak bisa dipercaya itu pun sulit. Jadi, pendidikan karakter penting sekali kami berikan kepada mahasiswa Unjani supaya mereka beretika, watak, dan karakter yang bagus," ucapnya.


Transformasi


Rektor Unjani, Prof Hikmahanto Juwana menambahkan para lulusan Unjani di berbagai strata perlu berbangga pada universitasnya. Apalagi, Unjani ini milik TNI AD melalui Yayasan Kartika Eka Paksi.

Baca juga : Unika St Paulus Ruteng Rajut Persaudaraan Antar-SMA se-Pulau Flores

"Unjani tengah melakukan transformasi besar-besaran, terkait ICT, gedung, dosen, dan program studi. Insya Allah Unjani akan menjadi universitas unggul dan kami sedang upayakan itu. Saya berharap lulusannya bisa berkiprah di pemerintahan atau swasta," katanya.

Pembangunan jangka panjang Unjani, lanjut dia, dilakukan dengan menyempurnakan program studi. Setelah S1, ditingkatkan pada S2, spesialis, profesi, dan S3.

Dia pun bertekad Unjani akan mampu mengejar ketertinggalan dengan universitas yang sudah mapan. "Kami bersyukur dapat dukungan dari Yayasan lewat pembangunan sarana prasarana. Kami harap bisa mendapatkan calon mahasiswa berkualitas," katanya.

Terkait penyerapan tenaga kerja dari lulusan Unjani, Prof Hikmahanto menyebut sudah banyak perusahaan yang melirik lulusan Unjani lantaran memiliki karakter disiplin, loyalitas, dan santun.

"Sejak awal mahasiswa di Unjani itu harus punya karakter, yang dibutuhkan banyak perusahaan. Apalagi, sangat besar minat pemberi kerja ke lulusan kami," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat